Semin : Prediksi Performa Linear Engine Bersilinder Tunggal Sistem Pegas Hasil Modifikasi dari Mesin Konvensional Yamaha RS 100CC

Semin ST, MT.

Year

2015

Published in

Jurnal Teknik ITS

Authors

External link

Type

Jurnal Nasional

Keywords

Linear engine,mModifikasi Yamaha RS 100 CC, performa, Simulasi.


Abstract

Linear engine adalah salah satu inovasi dari engine yang dikembangkan karena memiliki performa yang lebih baik bila dibandingkan dengan mesin konvensional. Peningkatan performa yang dialami karena berkurangnya gaya gesek yang terjadi. Sehingga perlu dilakukan pembuktian untuk mengetahui performa linear engine hasil modifikasi dari mesin konvensional Yamaha RS 100 CC dengan cara memprediksi melalui simulasi. Dalam analisa ini akan dibandingkan performa mesin konvensional dengan linear engine dalam bentuk perbandingan tekanan dengan volume, daya, torque, BSFC, Brake efficiency dalam variasi kecepatan antara 3.2 m/s 19.2 m/s. Hasil penelitian menunjukan bahwa performa yang dihasilkan linear engine hasil modifikasi tersebut meningkat. Daya maksimal dari linear engine meningkat sekitar 7.2 dari daya sebelumnya 6.9 kW menjadi 7.4 kW. Begitu juga torque yang dihasilkan meningkat menjadi 12.4 N/m , selain itu BSFC dari linear engine mengalami perbaikan sekitar 2 10 dari BSFC sebelumnya.