Retno Aulia Vinarti, Wiwik Anggraeni, Renny Pradina Kusumawardani : Investigasi Kepuasan Pengunjung Stasiun Kereta Api, Terminal Bis Dan Bandar Udara Di Kota Surabaya

Retno Aulia Vinarti S.Kom., M.Kom.
Wiwik Anggraeni S.Si.,M.Kom
Renny Pradina Kusumawardani ST., MT.

Year

2014

Published in

Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas

External link

Type

Jurnal Nasional

Keywords

Deskriptif, Statistik, Kepuasan, Pelanggan


Abstract

Kota Surabaya adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang popularitasnya meningkat beberapa tahun ini. Hal ini dikarenakan Pemerintah Kota Surabaya telah mengalokasikan sejumlah investasi untuk memperbaiki kualitas transportasi public di beberapa stasiun, baik kereta api, bis maupun udara. Riset ini bertujuan untuk melakukan investigasi kepuasan pengunjung di tiga stasiun secara independen. Riset serupa telah dilakukan di beberapa negara pada beberapa objek stasiun, contohnya di negara Hungaria dan Qatar yang termasuk negara Uni Emirat Arab (UAE). Untuk menjawab kepuasan pengunjung di tiga stasiun yang berbeda, dibutuhkan beberapa faktor pendukung kepuasan pelanggan yang terukur dalam lima skala. Faktor tersebut adalah kebersihan, pelayanan, kenyamanan, fasilitas, kerapian dan keamanan. Faktor-faktor ini telah menjadi tolak ukur yang paten bagi pengukuran kepuasan di pelayanan public secara umum. Bertujuan untuk membuat riset yang berkualitas, riset ini didukung oleh data yang dikumpulkan dalam dua kuesioner yang berbeda. Kuesioner pertama berfungsi untuk mencari anggapan awal kepuasan pengunjung yang selanjutnya akan dijadikan hipotesa awal. Sedangkan kuesioner kedua terdiri dari lima skala likert yang akan menjawab kepuasan dari masing-masing responden untuk setiap faktornya. Metode yang digunakan untuk mengambil kesimpulan adalah desktiptif statistik dan regresi.