Erma Suryani, Retno Aulia Vinarti : Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Permasalahan Inventory Routing Problem Pada SPBU Menggunakan Algoritma Ant Colony

Erma Suryani ST., MT., Ph.D
Retno Aulia Vinarti S.Kom., M.Kom.

Year

2012

Published in

Jurnal Teknik ITS Volume 1 Nomor 1

External link

Type

Jurnal Nasional

Keywords

inventory routing problem algoritma ant colony heuristik masalah optimasi


Abstract

Seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan setiap tahun, akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan. Tingginya kebutuhan bahan bakar di Indonesia didominasi oleh jenis bahan bakar premium. Persentase konsumsi bahan bakar premium di daerah Jawa-Bali mencapai 59 dari kuota premium nasional. Besarnya persentase kebutuhan akan bahan bakar premium, menyebabkan manajemen distribusi menjadi hal krusial yang perlu ditingkatkan secara berkala. Depo yang berperan sebagai supplier terhadap retailer -yang dalam studi kasus ini adalah SPBU- diusulkan menerapkan model Vendor Managed Inventory (VMI), yaitu proses pengadaan barang dimana supplier mengelola inventori dari retailernya. VMI memiliki salah satu perencanaan yaitu Inventory Routing Problem (IRP), IRP merupakan suatu bentuk perencanaan berbasis vendor hasil perpaduan antara Inventory Management dengan Inventory Routing yang mengatur kuantitas pengiriman dan retailer mana yang harus dikunjungi dalam suatu waktu perencanaan dalam jangka waktu tertentu yang bersifat terbatas (finite planning horizon). Dengan hasil akhir berupa penjadwalan, perencanaan model IRP mempertimbangkan jarak supplier-retailer dan biaya stockout yang mungkin terjadi pada retailer, sehingga diharapkan pengiriman optimal dan tidak terjadi stockout pada pos-pos penjualan bahan bakar. Solusi dari optimasi terhadap permasalahan IRP tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan algoritma Ant Colony Optimization (ACO) yang mengadopsi perilaku sekawanan semut dalam mencari rute terpendek pada permasalahan distribusi dari depo menuju ke titik-titik penjualan bahan bakar atau SPBU. Penerapan ACO bertujuan untuk menghasilkan kombinasi rute terpendek sehingga biaya distribusi yang dikeluarkan akan minimal dengan mempertimbangkan biaya stockout pada permasalahan IRP untuk tipe permintaan stokastik dengan 2 tipe kendaraan untuk distribusi