Hakun Wirawasista Aparamarta, Setiyo Gunawan : Identifikasi Kandungan Asam Lemak Bebas pada Daun Nyamplung (Calophyllum inophyllum)

Hakun Wirawasista Aparamarta S.T, M.MT
Setiyo Gunawan S.T., Ph.D

Year

2016

Published in

Seminar Nasional Teknik Kimia Soebardjo Brotohardjono XI

External link

Type

Seminar Nasional

Keywords

Ekstraksi; Fatty Acids; GC-MS; Nyamplung; TLC197603232002121001 Setiyo Gunawan ST., Ph.D197603232002121001 Setiyo Gunawan ST., Ph.D


Abstract

Tanaman Calophyllum inophyllum (nyamplung) memiliki banyak khasiat mulai dari akar, batang, pohon, daun, hingga bijinya. Umumnya masyarakat Indonesia hanya mengetahui bahwa bijinya dapat menghasilkan minyak yang dapat digunakan untuk biodiesel. Sedangkan untuk daun nyamplung sendiri, pemanfaatannya masih kurang maksimal. Daun nyamplung diidentifikasi memiliki banyak senyawa untuk digunakan sebagai obat-obatan. Penilitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kandungan asam lemak bebas dari daun nyamplung. Identifikasi dilakukan melalui ekstraksi soxhlet untuk mendapatkan ekstrak daun dan kemudian dilakukan ekstraksi liquid-liquid dengan pelarut metanol dan petroleum eter. Ekstraksi liquid-liquid dilakukan pada perbandingan crude extract dan pelarut sebesar 1:50 dan perbandingan metanol dan petroleum eter sebesar 50:50. Sampel ekstrak daun dari petroleum eter diuji dengan TLC dan GC-MS. Hasil menunjukkan bahwa di dalam ekstrak daun petroleum eter teridentifikasi senyawa myristic acid methyl ester, palmitic acid methyl ester, linoleic acid methyl ester, oleic acid methyl ester, dan stearic acid methyl ester dengan kadar berturut-turut sebesar 1,263%, 6,961%, 2,079%, 6,419%, dan 1,283%.