Hakun Wirawasista Aparamarta, Setiyo Gunawan : PENGARUH LAMA FERMENTASI PADA FERMENTASI SUBMERGED Rhizopus oryzae TERHADAP KUALITAS TEPUNG MOCAF (Modified Cassava Flour)

Hakun Wirawasista Aparamarta S.T, M.MT
Setiyo Gunawan S.T., Ph.D

Year

2016

Published in

Seminar Nasional Teknik Kimia Soebardjo Brotohardjono XI

External link

Type

Seminar Nasional

Keywords

Fermentasi; MOCAF; Rhizopus orizae; Singkong; Submerged197603232002121001 Setiyo Gunawan ST., Ph.D197603232002121001 Setiyo Gunawan ST., Ph.D


Abstract

Salah satu alternatif sumber karbohidrat lokal yang belum dimanfaatkan secara maksimal adalah singkong atau ubi kayu (Manihot esculenta). Sehingga saat ini dilakukan pemanfaatan singkong dengan pembuatan tepung MOCAF (Modified Cassava Flour) yaitu modifikasi sel ubi kayu dengan proses fermentasi untuk menghasilkan tepung singkong kualitas unggul. Dengan fermentasi, diharapkan akan meningkatkan kadar protein atau zat nutrisi yang lain sehingga dapat mengurangi besarnya konsumsi tepung terigu di masyarakat luas sehingga menyebabkan besarnya angka impor gandum di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh waktu fermentasi pada pembuatan mocaf dengan menggunakan jamur Rhizopus oryzae terhadap kualitas terhadap kualitas tepung MOCAF. Fermentasi yang digunakan pada penelitian ini adalah Submerged Fermentation. Dari hasil penelitian yang didapatkan pada variabel waktu fermentasi 24, 48, dan 72 jam, kadar protein mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yaitu 5,04 % ; 6,98 % ; 8,33 %.