Eko Wahyu Tyas Darmaningrat, Tony Dwi Susanto : PEMBUATAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PROSES-PROSES SERVICE OPERATION BERDASARKAN KERANGKA KERJA ITIL V3 DAN PERMENKEU NO. 169/PMK.01/2012 (STUDI KASUS PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA SURABAYA II)

Eko Wahyu Tyas Darmaningrat S.Kom, M.BA
Tony Dwi Susanto ST., MT., Ph.D

Year

2016

Published in

Seminar Nasional Sistem Informasi (SESINDO) 2015

External link

Type

Seminar Nasional

Keywords

MLTI, ITIL V3, SOP, service operation, analisis gap


Abstract

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya II menggunakan perangkat teknologi informasi (TI) dalam menunjang kegiatan operasionalnya. Kualitas layanan TI dapat dijagadengan menerapkan Manajemen Layanan Teknologi Informasi (MLTI) berdasarkan kerangka kerja ITIL V3 Service Operation. Pelaksanaan service operation di KPPN Surabaya II selama ini dilakukan oleh Customer Service dan Supervisor tanpamengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP). Kondisi ini dapat menimbulkan resiko terganggunya layanan TI sehingga dapat mengurangi kepuasan penggunanya. Oleh karena itu, penting untuk segera dibuatkan SOP proses-proses service operation agar dapat mencegah resiko tersebut terjadi. Penelitian ini dimulai dengan studi literatur dan pengumpulan data. Selanjutnya melakukan analisis gap antara proses service operation di KPPN Surabaya II dengan service operation menurut ITIL V3. Kemudian membuat SOP, mengimplementasikan, memverifikasi &memvalidasi dokumen SOP. Hasil akhirnya adalah sebuah dokumen SOP proses service operation dengan standar ITIL V3 yang dapat dijadikan sebagai panduan bagi pegawai KPPN Surabaya II dalam menjalankan tugasnya.