Gita Widi Bhawika, Gita Widi Bhawika : KAJIAN PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF DAN KARAKTER KEPEMIMPINAN YANG KUAT OLEH PIHAK MANAJEMEN PADA PERUSAHAAN

Gita Widi Bhawika S.ST.,M.MT
Gita Widi Bhawika S.ST.,M.MT

Year

2016

Published in

Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXIV

External link

Type

Seminar Nasional

Keywords

Komunikasi efektif, Manajemen perusahaan


Abstract

Dalam menjalankan tugasnya, pimpinan menghabiskan hampir 85% waktunya untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Keterampilan melakukan komunikasi yang efektif akan berperan besar dalam mendukung pencapaian tujuan dari seluruh aktivitas manajemen bisnis. Hal tersebut menjadi tugas dan tanggung jawab seorang pimpinan melalui divisi-divisinya untuk selalu dapat mempengaruhi besarnya permintaan akan barang produksi dan kemampuan menyediakan/ memenuhi kebutuhan pelanggan dari perusahaannya. Komunikasi internal perusahaan juga dilakukan dengan mengomunikasikan penyempurnaan perolehan, koordinasi produksi, hingga pelaksanaan perencanaan/langkah perusahaan di masa mendatang. Untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif, maka kemampuan untuk mengirimkan pesan atau informasi yang baik, menjadi pendengar yang baik, serta keterampilan menggunakan berbagai media/alat audio visual merupakan bagian yang sangat penting dalam komunikasi bisnis. Makalah ini disusun berdasarkan dari kajian berbagai literatur dan penelitian sebelumnya yang relevan. Kajian ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pihak manajemen terhadap pentingnya komunikasi efektif dan karakter kepemimpinan yang kuat dalam mengelola perusahaan.