Gogor Arif Handiwibowo, Gogor Arif Handiwibowo : EVALUASI STRATEGI PADA MISI PENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR YANG INOVATIF PADA PRASARANA DI MMT-ITS DENGAN PENDEKATAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Gogor Arif Handiwibowo ST., M.MT.
Gogor Arif Handiwibowo ST., M.MT.

Year

2016

Published in

Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXIV

External link

Type

Seminar Nasional

Keywords

Ilmu manajemen stratejik; evaluasi strategi; Importance Performance Analysis (IPA); tingkat performansi; tingkat kepentingan


Abstract

Dalam kajian ilmu manajemen stratejik, terdapat tiga tahapan utama pada pelaksanaan strategi. Ketiga tahapan tersebut adalah tahapan formulasi, tahapan implementasi dan tahapan evaluasi. MMT ITS sebagai salah satu unit bisnis dari ITS secara keseluruhan mempunyai visi dan misi yang telah ditetapkan menjadi panduan pengambilan keputusan tataran teknis. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi strategi atas salah satu misi dari MMT ITS terkait penunjang proses belajar mangajar yang inovatif pada prasarana di MMT ITS. Metodologi penelitian yang digunakan untuk melakukan evaluasi ini adalah dengan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Evaluasi yang dilakukan adalah berbentuk penilaian tingkat performansi yang dibandingkan dengan penilaian tingkat kepentingan pada prasarana yang ada. Sampel yang diambil adalah dari mahasiswa yang sedang menempuh kuliah di MMT ITS. Hasil evaluasi strategi akan menunjukkan atribut prasarana mana yang perlu untuk dipertahankan dan ditingkatkan. Dengan menggunakan metode IPA ini dihasilkan bahwa prioritas utama atribut prasarana yang memerlukan penanganan untuk peningkatan performansi adalah pada atribut Lahan Parkir Kendaraan, Toilet dan Musholla.