Christino Boyke Surya Permana : EVALUASI STRUKTUR DERMAGA AKIBAT PENGERUKAN KOLAM PELABUHAN DAN PENINGKATAN UKURAN KAPAL TERKAIT REVITALISASI ALUR PELAYARAN BARAT SURABAYA

Christino Boyke Surya Permana S.T., M.T

Year

2015

Published in

SEMINAR TEORI DAN APLIKASI TEKNOLOGI KELAUTAN 2015

External link

Type

Seminar Nasional

Keywords


Abstract

Pada awal tahun 2015, PT.Pelindo III telah menyelesaikan revitalisasi Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS). Revitalisasi tersebut meliputi pelebaran alur dari 100 m menjadi 150 m dan pendalaman alur dari -9 mLws menjadi -13 mLWS. Dengan adanya revitalisasi alur tersebut maka kapal dengan ukuran lebih besar dapat bersandar pada pelabuhan-pelabuhan di Surabaya. Terkait dengan revitalisasi tersebut, maka PT.XX sebagai operator salah satu pelabuhan di Surabaya berencana untuk melakukan pengerukan pada kolam pelabuhanya sehingga mampu melayani kapal dengan ukuran yang lebih besar. Kolam pelabuhan eksisting memiliki kedalaman -9 mLWS, direncanakan dikeruk hingga -13 mLwS. Ukuran kapal yang sandar saat ini adalah 40.000 DWT dan setelah pengerukan direncanakan dapat disandari kapal 50.000 DWT. Evaluasi yang dilakukan meliputi kekuatan pondasi tiang pancang, kekuatan fender,kekuatan bolder dan kekuatan struktur beton dermaga. Dari hasil evaluasi diketahui bahwa untuk meningkatkan kapasitas dermaga tersebut diperlukan peningkatan kekuatan fender dan bolder. Struktur beton eksisting pada dermaga tersebut masih memiliki kekuatan yang cukup dalam menerima beban. Sedangkan pondasi tiang pancang memerlukan perkuatan kusus untuk dapat melayani perubahan beban yang terjadi.